Selamat Datang di Blog ini, sebagai sarana silaturahmi, berbagi informasi dan Ilmu

Minggu, 09 September 2012

Achievement Motivation Training ( A M T )

0 komentar
Setelah lama berkutat di meja kerja, depan komputer, ketak sana ketik sini, Akhirnya Hari ini September 9, 2012 terrefresh kembali mengikuti kegiatan AMT di kampus. Ada energi baru yang didapat, saya ingin menuliskan kesan yang saya pahami sebagai orang yang ingin belajar.


Ada 3 hal yang tidak akan terlepas dari kehidupan kita yang pertama adalah ILMU. Ilmu merupakan jalan yang harus kita miliki. ilmu mengarahkan kepada kita sesuatu yang baru, sesuatu yang tidak kita ketahui, sesuatu yang asing menjadi sesuatu yang kita pahami, kita ketahui dan kita kenal. Tanpa ilmu kita tidak akan mampu bersaing maka wajib hukumnya kita punya ilmu.
Kedua yaitu Moral, terkait dengan ilmu kalau tanpa moral bagaimana ?? maka moral ini harus mendasari prilaku kita. sesuatu yang seharusnya dianggap baik maka lakukan dan apabila sesuatu itu dianggap tidak baik maka tinggalkan. Budaya Ketimuran yang tinggi akan budaya, norma dan nilai-nilai etika lainnya menjadi modal yang sangat berharga. Jaga moral kita kalau ingin dihargai dilingkungan kita.
Ketiga Seni, setiap yang kita lakukan ada seninya ada aturannya. ada nilai-nilai estetika yang terkandung didalamnya, berkomunikasi ada seninya, tekhnik berkomunikasi, berjalan ada seninya, makan ada seninya. lakukan sesuai seni yang berlaku didalamnya. Suatu contoh biarpun itu hanya seonggok sampah apaabila di sentuh dengan nilai-nilai seni maka akan menjadi seonggok sampah yang bernilai sangat tinggi. So, kalau mau dinilai tinggi kuasai seninya...
Dari ketiga hal tersebut ada 1 hal yang harus ada yaitu Agama. Ilmu tanpa agama akan Buta, Moral tanpa agama tiada pahala dan seni tanpa agama tiada nilainya. Semua harus mengacu kepada nilai-nilai agama yang dianut. Agama ada untuk menjaga manusia agar tidak rusak. 
Gambarannya seperti ini :

( Red. Belum bisa membuta gambar yang aslinya )

Setelah kita memahami tiga hal diatas, yang tidak aklah penting adalah kita harus tahu akan kemana kita nantinya, kalau kita adalah mahasiswa kita harus tahu akan kemana, akan jadi apa kita nanti setelah lulus. Hal lumrah yang sering terjadi pada Mahasiswa adalah ketika awal masuk ingin cepat lulus, namun ketika akan lulus mulai gundah dan akhirnya ingin tetap menjadi mahasiswa. 
kita harus punya target dan impian, tidak ada salahnya kita menulis impian, tidak ada salahnya kita merencanakan sesuatu yang besar. Karena orang yang punya banyak impian atau cita-cita biasanya akan termotivasi oleh cita-citanya. Ketika kita ditanya apa standar / parameter kesuksesan ??.......................................... Ketika kita ditanya apa harta bisa menjadi standar kesuksesan ??................................ ( sebelum menjawabnya jawab dulu pertanyaan ini, khusus yang cewek nih.. LEBIH MEMILIH COWOK YANG TAMPAN ATAU COWOK YANG MAPAN ???) pasti bisa jawab sekarang. He he ..................
Untuk mengejar cita-cita berpikirlah seperti cacing jangan seperti burung elang. Burunng Elang ketika akan memangsa korbannya, dia harus mengintai dari kejauhan, sendirian atau bergerombol, dalam atau tidak didalam air, berat atau tidak badannya , sehingga terlalu banyak pertimbangan yang akhirnya karena teralu lama berfikir kesempatan itupun hilang (mengandalkan otak kiri ). Berbeda dengan cacing dia tetep jalan, yang dipikirnya melobangi, jalan jalan, ketemu makanan dimakan, simpel dan actionnya cepat. 

 Foto Kegiatan

Dalam diri manusia ada 3 Potensi yang harus sama-sama dikembangakan yaitu intelektual, spiritual dan emosional Quetion.Kita dapat mengambil contoh orang-orang yang sukses mereka adalah orang-orang yang mampu menyeimbangkan ketiga potensi tersebut.
Coba temen-teman temukan ada apa dengan kisah suksesnya Dahlan Iskan, Suksesnya Chairul tanjung, Suksesnya Muhammad Yunus yang mendapatkan nobel perdamaian di bangladesh dll....
Mari sama-sama kita kembangkan potensi yang ada, buat rumusan kesuksesan yang akan kita capai kedepan.
Tulisan ini tidak ada sama sekali tujuan untuk meringkas ataupun merangkum dari kegiatan diatas, hanya sebagai catatan dari saya yang baru belajar dan ingin maju bersama-sama dengan teman-teman.

Salam Sehat

Mas Giran

0 komentar:

Posting Komentar