Selamat Datang di Blog ini, sebagai sarana silaturahmi, berbagi informasi dan Ilmu

Jumat, 07 September 2012

Lingkaran Beku

0 komentar
Sahabat Blogger  yang selalu Semangat,,,
Pernah dengar istilah Lingkaran Beku ?? Dijamin istilah ini tidak pernah didengar.
Istilah ini sebenarnya mewakili dari kebiasaan yang sangat popular dikalangan mahasiswa. Karena tidak ada yang memberi nama  akhirnya saya beri nama “ Lingkaran Beku “. Jadi dalam tulisan ini apa bila saya menyebutnya leingkaran beku merupakan istilah yang saya pakai pribadi untuk definisi yang sebenarnya.
Istilah ini pertama kali saya tahu dan dengar dari salah seorang dosen saya.  Ketika pertama kali menyampaikan istilah ini ( Red. Definisi sebenarnya ) saya berfikir benar juga, sangat realistis dan memang itu yang terjadi di sebagian besar para mahasiswa terutama yang tinggal diluar daerah.
Semangat belajar biasanya dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa yang baru, yang masih memegang petuah-petuah dari orang tua. Datang dari berbagai daerah  untuk belajar di perguruan tinggi yang menjadi pilihannya. Semangat yang mengapi-api, serasa perpustakaan adalah makanan favoritnya, kampus adalah rumah idamannya dan internet adalah sahabat setianya.
Namun biasanya menjelang tahuan berikutnya semangat mulai meleleh, karena pergaulan dan lain. Sehingga kampus, warteg, kost-kostan adalah rute favoritnya. Tidak ada lagi kata perpustakaan, tidak adalagi kampus idaman dll. Nah sebenarnya lingkaran beku yang saya istilahkan diatas adalah gambaran bagi mahasiswa-mahasiswa yang hanya melewati jalur kampus – warteg-kost-kosatn. Gambaran mudanya seperti ini :





Namun perumpanan dan pernyataan saya ini tidak bisa dijadikan perdebatan, selain pernyataan ini hanya opini dan tidak ada penelitian yang membuktikannya. Bahkan sebenarnya pernyataan ini juga sudah terbantah oleh pengalaman saya sendiri, saya melihat dan sempat ngobrol dengan mereka disebuah Wisma mahasiswa semester 5,6,7 ( semester atas ) ketika yang lain Libur karena jadwal liburan semester mereka menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan diluar kampus, ketika kegiatan-kegiatan dikampus saya lihat mereka ada, bahkan samapi saya berfikir apakah hanya mereka-meraka saja yang ada dikampus atau aktif dikampus. Sangat luar biasa.
Pernyataan saya diatas sebenarnya hanyalah sebagai gambaran saja. Seandainya anda adalah mahasiswa kira-kira anda termasuk yang mana ?
Rute lingkaran Beku atau yang aktif ?? Jawab sendiri yak arena anda yang melakukannya.
Keterampilan, pengetahuan, soft skill yang ada diluar kampus itu lebih luas dan buannyak. Sebagai mahasiswa harus bisa menargetkan sesuatu yang akan dicapai.
Disalah satu wisma mahasiswa disetiap pintu kamar mereka tertulis cita-cita, impian dan mungkin khayalan. Ada yang menulis :
  1. IPK Kelulusan 3,99
  2. Sebelum lulus menulis buku 2 judul
  3. Punya rumah mewah, istri solehah
  4. Jadi anggota DPR
  5. Dll
Why Not ?? kenapa takut bermimpi?? Tidak ada yang marah kan kita bermimpi ?? Luar biasa untuk teman-teman itu.
Setiap tahunnya Indonesia mencetak ribuan sarjana, ribuan master, ribuan doctoral ?? pertanyaannya apa kita masih terpakai didunia kerja dengan persaingan yang semakin ketat?? Apa kita bisa memberi warna  untuk bangsa ini ??
Seorang Dosen pernah berkata kepada saya “ Jadilah Lulusan Sarjana yang Beda “ . yang Beda Maksudnya ……????
…………………………………………………………
Salam SeHat
Mas Giran


0 komentar:

Posting Komentar