Selamat Datang di Blog ini, sebagai sarana silaturahmi, berbagi informasi dan Ilmu

Selasa, 27 Juli 2010

Efektif Ga Belajarnya

0 komentar

Belajar dan terus belajar................
itu adalah kata yang harus kita pegang kalau ingin selalu maju. Apalagi nih bagi teman-teman yang masih menyandang gelar pelajar dan mahasiswa ! ( kalau saya bukan mahasiswa lagi .........)
Tapi sudah menjadi rahasia umum kalau kita termasuk yang malas belajar ( Ngaku ga !!!!!). Nah dalam postingan kali ini saya akan menuliskan beberapa trik belajar dan perspektif yang harus dimiliki oleh penuntut ilmu ( Seperti Nden yang lagi ngambil SI Keperawatan, dan teman-teman yang lainnya).
simak ya......
Berangkat dari kisah seorang cendekiawan dari Cina yang sangat terkenal karena pemikiran dan ilmu pengetahuan yang dia miliki. Sehingga tidak sedikit murid-murid beliau berasal dari negara-negara tetangga. Nah sampailah berita ini kepada 2 orang yang penasaran dengan kesohoran dari cendekiawan ini. sehingga mereka berencana untuk bertemu dengan cendekiawan tadi, dengan maksud untuk mengetes/ menjajal semana kehebatan dari cendekiawan itu.
Setelah melalui perjalana panjang sampailah 2 orang tadi di kediaman sang cendekiawan. mereka langsung menemui dan mulailah mengutarakan maksud dan tujuan. Di tenngah perjamuan yang sedang berlangsung tiba-tiba sang cendekiawan menuangkan air ke dalam masing-masing gelas mereka sampai meluap dan terus tetap dituang. Lalu bertanyalah 2 orang tadi apa maksud dari semua itu.
Sang cendekiawan kemuadian berkata " inilah perumpamaan orang yang ingin menuntut ilmu tetapi di dalam otaknya dia merasa lebih dari ilmu yang akan diajarkannya, sehingga ilmu itu hanya kan lewat dan tidak akan berbekas (sia-sia). Maka dari itu sebelum mau menuntut ilmu maka kosongkan dalam otakmu perasaan lebih, sombong dll"
Setelah mendengar kata-kata cendekiawan tadi barulah mereka sadar bahwa ilmu itu bersih, suci dan hanya akan didapat dengan sungguh-sungguh di barengi dengan pikiran yang jernih.
Dari cerita diatas kita dapat mengambil hikmahnya, bagi teman-teman yang sombong nih dalam arti meremehkan mata kuliah yang diajarkan, meremehkan guru/ dosen yang mengajar dll. segera bertobat. Di ibaratkan cangkir yang bertopi maka bukalah topi cangkir itu ketika kita memulai belajar. Strata bukan patokan dia sebagai guru dan sebagai murid tetapi saling mengisi kekurangan yang ada itu yang terutama.
Untuk memulai belajar mulailah dengan :
1. bacalah sebaik-baik yang kau lihat
2. tulislah sebaik-baik yang kau baca
3. hafalkan sebaik-baik yang kau tulis
4. aplikasikan sebaik-baik yang kau tulis.
faham kan maksudnya kalau belum faham langsung aja hubungi saya nanti dijelaskan he...
Okelah teman kita tutup dulu lah postingan ini dengan semangat baru dalam menuntut ilmu.
Sukses untuk teman-teman yang lagi ngelnajutin studinya ya ...

wagiran. amd.kep
085252182090

0 komentar:

Posting Komentar